CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

7.7.13

ber-hemat2 dahulu hidup irit seterusnya :p


Postingan iseng bin gak penting ini terinspirasi dari Nyonya Iir yg posting ini, jd mo ikut2an posting soal me and my money. Pernikahan saya n pak suami baru dua taun, dan selama 2 taun ini bisa dibilang kami blm baru akan punya asset yang berarti (scra materialnya yah).

Setaun pertama kami tinggal di rumah ibu saya, kl kata orang2 si “enak ya, bisa nabung2 dl” well, kl mnrt saya sih, tinggal dirumah ortu atau misah ga jadi jaminan kita bisa saving apa ga. Itu balik lagi ke personal nya masing2. Mau foya2 n boros atau mau irit2 n nabung. Tp kl kami, yup kami milih utk nabung… gak lain gak bukan apalagi kl bukan utk DP rumah. Tp gak dr bulan pertama nikah kita lgs saving sih, yaaa 6 bulan stlhnya laah. Saya ikut program tabungan rencana di bank Mand*ri.

Tiap bulan abis gajian, uang lgs otomatis kepotong bikin kita ya mau gak mau jd hidup dr uang sisanya. Makanya si istri sllu hemat bin irit utk tiap pengeluaran. Alhamdulillah si istri pelit ini berjodoh sama pak suami yg gak suka belanja, ga doyan jalan2 en gak banci gadget (penting bgt ini!). wlp ya sesekali kita ttp piknik (cari yg murmer), atau sesekali nonton bioskop, makan diluar, beli sepatu2 or baju. 

Masuk awal2 saat kami mulai ngontrak, gak bnyk berubah. Wlp awal2 ngontrak itu butuh dana yg gak sedikit (uang kontrakan setaun dibyr dimuka, beli perabot2, dll) tp Alhamdulillah tabungan msh bisa jalan terus. Pasca ngontrak 6 bulanan, pas tabungan genap setaun, semuanya uda bisa cair. Wiiihh,,, berasa jadi jutawaaaaaan deh hahaha norak.com, tp tetep aja kita gak bisa sesumbar soalnya sadar diri bahwa itu duit buat DP rumah. Dulu2, saya mikir duit 100jt itu uda cukup buat DP rumah plus biaya2 kprnya. Tapi ohlalaa... ternyata duit segitu jauuuuuuh dari cukup. Jd yah mau ga mau kita nabungnya hrs lbh dari segitu. 

Apalagi dari awal, emang kita niat beli 2 asset. Satu rumah plus mobil, atau satu rumah disini en satu lg di kampung halaman pak suami (di Cilacap). Jadi gak heran kl emang kita sllu hidup irit. Dan akhirnya, pilihan jatuh di opsi kedua. Yup, kami juga beli rumah di cilacap sana, bareng-reng nih prosesnya sama rumah yg disini. Emang sih, harga rumah disana itu ga terlalu tinggi, scra harga jualnya senilai ama DP rumah yg disini, tp namanya rumah ya tetep aja donk butuh alokasi dana yg gak sedikit.

Ky yg pernah saya blg, bahwa proses mutusin beli rumah itu ga gampang lho. Sblmnya, kami bahkan uda pernah booking fee di lokasi lain. Tp karena kita gak juga bnr2 sreg, ya kita tinggal deh. Duit ilang uda jd resiko. Skrg ini, kami msh baru akan proses akad kredit. Fyi, utk akad kredit ini besarnya beda2 ya tergantung dr besar utang kpr nya juga. Kl kasus saya, biaya kpr nya doank 16jutaan, itu BELUM sama transaksi pajak apapun ya, murni biaya2 yg timbul di bank pemberi kpr. Jadi spare utk akad kredit ini plg gak saya hrs pegang 30jt. Dan untuk proses kpr rumah dicilacap, saya hrs ada spare 10jt. jadi buat akad kredit dan kawan2nya itu, hrs pegang 40jt *pingsan*

Untungnya, akad kreditnya bisa diatur sesuai kita maunya kpn. So, wlp skrg uda bisa akad, tp saya pending dl deh smp abis lebaran nanti, soalnya bgtu mulai akad kredit, ya cicilan uda mulai hrs di bayar. Kl mikirin total utang kpr yg saya punya smp 1M, wiiih ga sanggup bayangin deh. Saya aja uda pingsan duluan! Tp ya untuk rumah jd gpp deh. Beli rumah emang harus nekat, kl gak nekat gak beli2, pdhl harga rumah makin mahaaalll tiap harinya. Dan ga usah bayangin total utangnya. Yg penting di cicil aja tiap bulan slm 15 taun yg panjaaang hiks, kl kt orang tua sih ga usah di rasa nanti jg lunas kok. Yah.. smg rejeki kami sllu dilancarkan.. Aamiin

Jd untuk mobil, kynya kami masih harus nabung ekstra keras lagi nih… plus nabung buat ibadah en nabung buat renov. Huaa,,pak suamiiii..... jd kpn kita seneng2nya doooonkkkk???? 

4 komentar:

Anonim

mba, km ambil rumah di daerah mana?? boleh tau?? ak lg hunting2.. n brp biayanya mba?? blh kirim ke email ku novi.opi@gmail.com tks yah

Pypy

Iya bener, buat biaya KPR aja udah puluhan juta.. :D Semangatt yahh..

Ny Koes

@ pypy: iya,,bnyk bnr deh,, makasih ya

@ novi? : cek postinganku yg sblmnya aja ya say ^^

deviii...

Ny. Koes...
koq kasus Qta sama bgt ya??? hihihihi...
nti aku whatsapp ya...
mau curcol...
hihihih

Poskan Komentar