CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

23.1.14

bikin paspor yuks.. (update per Des 13)


Jadi ceritanya saya mupeng bgt jalan2 ke luar negri (ho oh,,blm pernah euy!) jadi ya harus punya paspor donk. Jauh2 hari uda niat bgt saat cuti akhir taun saya mo bikin paspor. Sekalian perpanjang stnk motor jg ke samsat. Sblmnya banyak baca di mbah google soal gmn caranya bikin paspor, baik yg manual maupun yang online. Saya pikir pasti lbh gampang yg online donk? Jadilah saya putusin bikin online aja.

Untuk dokumen2 persyaratan dan juga registrasi onlinenya, bisa klik disini. Kata siapa submit paspor online susah? Yang bener tuh susah bangeeeeeeeeetttttt!! Pdhl yg namanya koneksi internet di kantor saya itu superr cepet. Klik sekali tanpa mikir lgs kebuka tu window yg kita mau. Tp web nya Kanim emang bnr2 menguji kesabaran. Yg sllu aja problem itu saat saya mau aplot dokumen persyaratan. Pdhl file aplotannya uda sesuai ama persyaratan kok. Kadang dibilang file kurang bagus, trllu kecil atau terlalu besar (pdhl file yg sbmnya saya aplot ukurannya sama).

Stlh smua selesai di aplot, print bukti pendaftaran paspornya. Sampai tahap ini saya pikir wah sama nih ama yg saya baca2 di blog. Besoknya, saya dateng ke Kanim depok, bawa smua dokumen asli n ftcp. Wlp msh rada bingung krn br pertama kali ke Kanim, tp lmyn ada sdkt gambaran. Saya pun lgs isi formulir n tumpuk dokumen di meja customer care. Gak lama kemudian saya di panggil en di tny:

Petugas:  “mba, ini blm di bayar ya?”
Saya: “belum pak”
Petugas: “lho ini dibayar dulu mba”
Saya: “ya iya nanti dibayar disini kan?”
Petugas: “bukan, bayarnya di bank BNI. Skrg system baru mba, smua bayarnya di bank BNI. Baik yg manual atau online. Nah, mba kan online jadi bukti pendaftaran online nya ini nih yg di bawa ke bank. Oia, 1 lembar lg mana mba?”
Saya: “hah, bukti daftar online nya? Cm ada 1 pak. Waktu itu di printer klr 2 lembar isinya sama, saya kira krn saya klik print 2x”
Petugas: “waah mba, klr nya emang 2 lembar. Kan ad atulisannya, 1 utk bank, 1 lagi utk disini. Yauda ini di fotocopy aja, trus mba bayar dl ke bank, nanti kl uda byr kesini lg”

Jadilah saya buru2 ngebut ke bank BNI. Oia, kl gak salah inget biayanya 255rb plus biaya transfer 5rb, jd totalnya 260rb. Dateng ke BNI, lgs aja blg ama security nya, mau byr paspor. Trus dikasih no antrian, gak lama kemudian dipanggil n bayar deh. Beres,,saatnya balik ke Kanim.

Sampai di kanim uda siang bgt, antiran utk jalur manual udah ditutup, tp yg online msh bisa. Baru numpuk dokumen, lgs dpt nomor antrian en trnyta lgs kepanggil di loket 3 (disini enaknya jalur online, bagian verifikasi dokumen antriannya dikit). Disitu cek2 dokumen asli trus dapet jadwal foto besok harinya. Saya pikir, kl aja saya uda lbh dl bayar ke bank en nyampe di kanim msh pagi, mungkin bs foto hr itu juga.

Okeh, slnjtnya saat akan foto saya pagi2 bgt ke kanim. Jam 7 pagi uda smp sana dan ternyata uda penuuuh bgt. Lgs deh coblosin form ke paku yg tersedia di meja customer care. Dan itu baru nunggu utk dapet nomor antrian foto. dari jam 7 nunggu, saya baru dipanggil jam 9!!! Dapet antrian foto nomor 14. Kynya sih dikit yaaa makanya saya lmyn lega. Tp ternyata nomor antrian kecil gak menjamin kita cpt dipanggil. Karena ternyata antrian foto jalur online, bikin jauuuh lebih keki. Soalnya justru dipake sama petugas2 curang bin nakal utk memfasilitasi org2 yg lwt jalur blkg alias calo!!! Krn ada pintu sortcut dari luar utk masuk ke ruangan foto jalur online. Mana banyaaak pula yg pake calo, asli nyebeliiin bgt. Nomor antrian yg 14 itu, maksa saya hrs nunggu slm 1jam!! So, yg blg kanim bersih dari calo sih mungkin pd ga tau aja ya. Proses foto n sdkt wawancara itu selesai dlm waktu kurang dr 5 menit aja. Paspor jadi dan bisa diambil 3 hr kemudian, tp saya gak bisa ambil sendiri, jd bikin surat kuasa deh minta tlg pak suami yg ambilin.

Fyi, selain ngurus punya saya yg lwt jalur online, saya jg ngurus paspor suami lwt jalur biasa (bbrp hari kemudian). Jd ngerasain semua prosesnya juga. Klo ditanya kesimpulannya, lbh enak mana lwt jalur online atau biasa? Mnrt saya gak ada beda signifikan. Lwt online emang awal2nya bh cepet, tp justru lbh keki pas jadwal foto. Jalur manual emang lbh lama nunggunya, tp yauda rela aja krn gak diselak calo2.
Eh apa? Telat baru punya paspor skrg? Gak papaaaa,, drpd gak bikin2, xixixixixi

2 komentar:

AiPy

Ya ampunnn.. Kirain dah bener2 bersih dari percaloan..jihh.. Udah dibikinin cara mudah sama yang atas2 tp pelaksana masih banyak yg korup jadi nya gitu dehh..huhuhu

Ny Koes

iyess... py,, emang nyebelin bangeeettt.. kmrn smpt ribut jg ama petugas nya. soalnya tiap ditny knp lama jwb nya ganti2 mulu, mencla mencle bgt. sekalinya di gertak "nanti saya post di blog lho" eh malah di jawab "posting aja!!" haissshhh ^%$%#$%!!

Posting Komentar