CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

19.1.12

perpanjang STNK

area cek fisik kendaraan
okeh,,,skrg posting sesuatu yg sedikit informatif, hehehehe... tp karena uda rada lama, jadi agak lupa2 juga sih :p

pas mulai cuti long wiken year (natal - taun baru), gue nyempetin buat bayar pajak motor alias perpanjang stnk, karena emang jatuh temponya sktr tgl 9 januari, jadi drpd mepet2 or telat mending pas liburan ajah.. sekedar info, kantor samsat untuk depok itu ada 2,, yaitu di depok 2 (sebelahan ama kantor kecamatan sukmajaya) dan satu lg ada di daerah cinere.


Untuk pembagiannya ky gini nih:
Samsat Depok; melayani wilayah kecamatan:
suasana antri
* Sukmajaya
* Cimanggis
* Cipayung
* Tapos
* Cilodong
* Bojong Gede

Nah,,,kl kantor samsat Cinere; melayani wilayah kecamatan:
* Limo
* Cinere dulunya cinere tuh masuknya ke Jakarta Selatan lho, hehehe
* Bojong Sari gue baru tau klo ada daerah depok yg namanya Bojong Sari
* Pancoran Mas
* Sawangan

jujur aja,,untuk list area nomor 2 ini gue ga ngerti daerahnya,,maklum gue tinggal di depok 2 en jaraaangg bgt ke daerah depok cinere sanah, hehehe....

okeh lanjut.....

loket2 pembayaran
untuk ke kantor samsat,,gue cm butuh waktu less than 10mnt, karena emang dekeeeet dari rumah gue, hehe asoy kan. niatnya mo berangkat jam 7 pagi dr rumah (klo siang antriannya eduuun),,tp karena dirumah lg repot akhirnya br bisa klr rumah jam 8 kurang 10 menit. sampe sana lgs parkir en jalan ke tukang fotocopi.

oia,,didalem area kantor samsat ini uda bnyk tukang fotocopy yang uda tau bgt apa aja berkas2 yg dibutuhin en hrs di fotocopi, yaitu BPKB asli, KTP asli en tentu aja STNK yg lama. Buat yg blm punya BPKB (kendaraan masih nyicil), bisa pinjem dl ke dealer atau minta surat pernyataan dr dealer. So, gue serahin aja tuh KTP, STNK en BPKB nya, mereka yg nyusun urutan berkas2nya en masukin semuanya ke dalem amplop. tarifnya? 5rb including pulpen,,tp karena gue uda bw pulpen sendiri jadi gue bayar 3rb ajah. (kl mo lbh murah mending fotocopi diluar en bawa map sendiri atau numpang fotocopi gratis di kantor, heheheh)

abis itu, masuk deh ke kantornya (oia,,si tukang fotocopi jg uda sekalian ngasih form perpanjang stnk lho,,kita tinggal isi aja). setelah tanya2 dikit ke satpam (apa aja yg di isi), sret sreett nulis 5 menit, langsung gue tumpuk itu map di loket "motor" en duduk manis deh nunggu dipanggil.

selama nunggu gue perhatiin sekeliling sambil sesekali nonton tipi. seinget gue, gue pernah gugling en baca pernyataan kl saat ini proses nunggu di samsat max 1 jam. hmm,,lmyn laaah kl uda ada peraturan ky gt trauma taun lalu gue ampe gariiinngg nunggu lbh dr 1 jam. bener aja,,stlh 50 menit, nama gue di panggil buat bayar pajaknya. eh eh ,,ada yg menarik perhatian gue saat nunggu sih. disana ada pengumuman di tembok yang intinya berdasarkan peraturan nomor sekian, biaya max untuk motor itu 50rb. wiiiihh,,,mantep bgt tuh pikir gue,,lumayan sisa duitnya kan bisa buat ke salon, xixixixi... tp pas di panggil buat bayar, weeeekkss kok nyaris 200rb yeeehh????!!
naaah tuuhh,,50rb doank kan? :p

wlp sempet bingung bentar tp ya sud lah bayar sajaaah.. mungkin 50rb itu adminya doank blm termasuk pajak kendaraannya, hohoho... abis bayar, gue duduk lagi untuk nunggu stnk yg barunya selesai dibikin... stlh sekitar 10 menit, nama gue dipanggil lagi, dan finiiissshhhh...dapet deh stnk yg baru, hohohohoo

so, total pengeluarannya adalah:
* fotocopi = 3K
* pajak = 189K
* parkir = 1K
total = 193K

nah,,begitu deh... smg bisa kasih sedikit gambaran tentang perpanjang stnk di kantor samsat depok ^_^
(kali aja ntar ada yg beli rumah di depok en butuh info soal ini, xixixixi)

note: meskipun di sekitar kantor samsat buanyaakk calo nawarin jasa,,mending kerjain sendiri aja deh, ga ribet kok ^_^

2 komentar:

Ahn Nha

Nice inpoh..gomawo unnie.. :)

Tp sygny gak pny motor.. :D
Eh bukan gak pny..belum beli..haha.. :D

Ny Koes

hahaha..makasi makasi.. tenang aja,,bentar lg kan bisa beli mobil? hehe amin

Posting Komentar