CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

6.9.11

yok minta duit ke negara ^_^

edisi postingan kali ini rada beda, karena gue mo posting dikit tentang kerjaan di kntr yang mungkin bisa bermanfaat buat temen2 di luar sana ^_^

kali ini mo bahas soal pajak negara. hmm,,,bukan soal gayus atau segala kebobrokan yg ada di negara ini sih, tp justru kebalikannya. gue mo posting gimana caranya kita dapetin duit dari kantor pajak atau lbh ngetren dengan istrilah restitusi....

gambaran simplenya, kan tiap orang atau perusahaan bayar pajak tuh ke negara, nah ada bbrp jenis pajak yang bisa kita minta balik tuh duit yang udah di setorin. inilah salah satu kerjaan gue di kantor, yaitu ngurus restitusi atas PPN.

singkat cerita ttg si PPN (pajak pertambahan nilai), itu adlh pajak yang dikenakan ke konsumen akhir atas barang/jasa yg di konsumsi. nah, karena kantor gue bergerak di bidang pengeboran minyak, jadi jelas bahwa kantor gue bukan pengguna akhir. maka gue bisa restitusi atas PPN yg udah gue bayar lbh dulu.

naek perahu stlh maksi

routenya gini:

invoice dr vendor (kan inlcude PPN tuh) kita bayar full, nah smua PPN yg kita bayar kan kita lapor tiap bulan. jangan lupa bedain antara PPN yang creditable (berhubungan dengan operasi perusahaan) dan PPN yang uncreditable (gak berhubungan sm operasi/kita si pengguna akhir barang/jasa tsb). naaahh,,,,biasanya kl uda ganti taun,,gue mulai deh proses utk minta balik duit PPN creditable yg kita lapor ituuhh...

tinggal bikin SPT pembetulan, centang di kolom "Restitusi", masukin semua dokumen pendukung ke kantor pajak yg bersangkutan, trus tunggu deh hasil pemeriksaan dr kntr pajak. andai ditemuin bbrp temuan2 yg gak sesuai sm dukomen pendukung, kita kena denda sebesar nilai temuan itu, dan kl kita mau protes juga boleh,,,ntar ada sidang2nya. tapi kl ga ada ya mulus ajaaaa.. dan semua duit yg kita minta bisa balik ke rekening, hohohoho
hooooo....*sok heboh*

naahh,,uda 2 taun terakhir gue ngerjain project itu di kantor, gue merestitusi PPN utk 3 perusahaan billing entity mulai periode 2007-2010. Alhamdulillah sebagian udah cair duitnya...... lumayan bok,,ratusan milyar. Alhamdulillah juga gue kecipratan wlp dikit bbrp ratus dollar sajah

sayang background lautnya gelap
selain bonus perorangan, bos gue juga ngajak org sekantor utk seneng2 dikit,, makan siang di bandar jakarta, lanjut ke dufan en makan malem di segarra. Wlp sumpah yeeee,,,duit buat seharian seneng2 di ancol itu gak ada se uprit2nyeeee dibanding duit refund yg masuk......tp tetep Alhamdulillah ^_^

2 komentar:

irlhet

yihaaaa, hasil dari percakapan kemarin akhirnya jadi bahan postingan, nice posting say..tapi sayangnya kantor gw ga bisa direstitusi pajaknya :(

Koesoemo Widodo Family

salah say....sbnrnya gue uda posting ini duluan br deh cetingan sm lo, xixixixi

Poskan Komentar