CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

15.3.12

meet the doctors...

jadi ceritanya tanggal 22 feb kmrn gue cuti dan uda niat banget mo ke dokter. dokter apa? kandungan? tadinya sih cuma niat ke THT, tp akhirnya ke obgyn juga siy, hehehehe... awalnya karena selama 1 minggu gue radang tenggorokan parah dan baru sembuh 3 minggu kemudian. seinget gue, alhamdulillah gue termasuk org yg gak suka sariawan, nah tp tiba2 gue sariawan parah. Pakus aja smp komen "bisa sariawan juga yah?" secara dia langganan sariawan en gue hampir ga pernah.. gue pikir, ah cuma sariawan aja, jd cuek aja deh....

cuma stlh bbrp hari, gue sadar ada yg gak bener. alamak, ini bukan sariawan biasa. selain sariawan, area bawah&pangkal lidah sakiiittt ky di tusuk2 jarum, plus tenggorokan gue pun rasanya ky kebakarrrrr. sumpah ini jauuuuhh lbh sakit en panas kebakarrrr dibanding orang panas dalem biasa. tiap kali mo makan gue ky org mo pergi perang. nyiapin mental en kekuatan utk nahan panasnya, hiiikss.. dan setelah nelen makanan yg pertama gue pasti nahan nangis saking sakitnya en lamaaa bgt buat berani masukin suapan yg kedua. blm lg stlh makan, lidah gue guateeell bgt di area sisi kiri en kanan nya. hadooohh knp ini???

lewat dari seminggu ky gt, gue masih cuek aja gak ke dokter, smp akhirnya ada temen gue yg komen "jangan2 lo kena flu singapur" weeeewww... apa tuh??????spt biasa, semua info berawal dr mbah google, yg akhirnya bikin gue takut "jangan2 emang bener nih gue flu singapur, kok bbrp indikasinya mirip bgt". akhirnya lah gue mutusin utk ke THT setelah 10 hari kesakitan. cuma kok yaaaaaaaaaaa,,,setelah semua keluhan gue, si dokter THT cuma bilang "ah gpp kok,,cuma radang aja,, wlp amandel nya juga kena" ah syukurlaaaahh... dan dia pun ngasih segepok obat, yg ujung2nya ga ada yg gue konsumsi satu pun, hehehehe...

nah,,di sela2 nunggu dokter THT dateng, gue iseng bener utk daftar juga ke obgyn, yg gue pilih saat itu adalah dr. Sofani Munzila (yg mnrt info mbah google termasuk dokter favorit di RS Mitra Keluarga Depok). beres dengan THT gue antri dengan manis di antara para bumil. Alhamdulillah ga nunggu lama gue uda dipanggil masuk.

Ny Koes (NK): siang dok...
dr Sofani Munzila (SM): siang bu.. silakan,, jadi ada apa ni?
NK: saya mau hamil donk dok (dengan nada se-olah2 cuma mo sekedar minta permen)
SM: *kaget* mau hamil? oohh.. hmmm uda nikah brp lama?
NK: mau setaun agak2 bersilat lidah dikit yeh,,mo bilang 7 bulan takut di ketawain sih, eh 7 bulan kan jg mo setaun yah, hohohoho
SM: aaah masih baru koookk
NK: tapi kan uda pengen dok
SM: kapan hr haid terakhir?
NK: 5 februari
SM: siklus selama ini gimana?
NK: teratur dok, 27 hari.. wlp kadang2 26 atau 28 hari
SM: oooh masih bagus itu
SM: uda tau cara ngitung masa subur blm?
NK: ah saya liat di internet aja dok, bingung kl disuruh ngitung2 sendiri, hehehe
SM: ooh gt...
NK: dok,,saya dulu pernah pre marital check up, hasilnya bla...bla..bla... bagus ga si klo ky gt dok?
SM: bagus kook,,, udah oke. tp kan ini uda setaun yg lalu yah, klo penasaran boleh cek lg
NK: hmm gt yah
SM: selama ini kl haid sakit ga?
NK: sakit dok, hari pertama. biasanya sih lbh ke pinggang dok, pegeeelll banget, ky mo patah. kadang perut nyeri2 juga sih
SM: hmm,,masih wajar kok.. kita cek yuk

*lalu si ibu obgyn blg ke suster "dalem yah"
suster: dalem ya dok?
obgyn: iya
gak lama naik lah gue ke tempat tidur buat usg, sakit dikit tp gue santai ajah jadi rileks deh... cek sana sini, liat sana sini.. gue tetep ga ngerti ngeliat itu layar tipi cuma item putih doank.. stlh bbrp menit sorot menyorot bagian dalam, akhirnya selesai juga

SM: oke,,bagus kok semua
NK: ga kebalik dok? bagus semua? ga ada apa2 kan dok?
SM: enggak.. smua bagus, ga ada apa2 dan gak kebalik
*gue mulai rapih2in baju*
NK: dok,,,katanya kl stlh lewat masa subur jgn berhubungan dulu yah?
SM: heh,,maksudnya gmn?
NK: iya dok.. ktnya kl uda lewat masa subur jgn hubungan ya? takutnya di perut uda lg proses tp bisa jadi gagal tuh kl berhubungan
SM: hahahahaha....baru denger saya. kata siapa?
NK: yaaa kata baca2 di internet dok
SM: ah dari jaman saya kuliah saya gak pernah denger yg ky gt. gak pernah di ajarin. sok aja kok, gpp

NK (uda kembali duduk di depan ibu obgyn): dok,,kl naik bis anjluk2an bahaya ga si?
SM: ah gak papa
NK: takut turun bero dok (gue ga ngarti dah istilah kedokterannya apa) *gue liat di pojokan susternya cekikian*
SM: yang bisa turun bero tuh cuma atlet angkat besi. mba atlet bukan?
NK: ya bukan si dok
SM: yauda ga usah khawatir.. selama ini konsumsi vitamin apa?
NK: konsumsinya anget2an dok, awal2 nikah aja.. skrg males, hehehe.. ya tiap hari makan sayur, buah, folavit, susu hamil en vit.E. tp ya gt dok, kl lg rajin aja, hehehe
SM: oke.. jadi gini. klo utk perempuan, ada 3 hal penting yg harus diketahui; 1. siklus (teratur atau gak), 2. kandungan (bentuk, posisi, bagus atau ga. ada miom, kista dll atau ga) 3. saluran tuba (ketutup atau ga)
NK: hooo gt yah dok...
SM: iya.. nah mba kan yg nomor 1 & 2 udah oke nih, tinggal cek yg nomor 3, salurannya diliat tertutup atau ga?
NK: hoo..yauda dok, saya di cek aja sekalian *asli gue polos aja soal ini, ga ngerti apa2 jadi malah santai, ga pikir yg ribet2.*
SM: hmm,,,harusnya ibu kesini sm suami yah.. jadi saya bisa tanya2 suami nya juga
NK: suaminya kerja dok *masih nyantai ajah*
SM: baiknya jgn hanya istri yg cek, suami juga... tp kl di Mitra memang blm ada. didepok bisanya cek di Bunda atau Hermina
NK: hoo ini saya kesini td sekalian abis dari THT sih dok,,mumpung lg cuti aja, hehehe
SM: ibu ada keputihan ga?
NK: wah saya ga ngerti dok, mana keputihan yg masih wajar en mana yg perlu pengobatan
SM: yauda, ibu saya kasih antibiotik aja ya...

SM: ibu mau cek saluran? atau nunggu dulu, kan blm setaun?
NK: ya klo bisa cek sih cek aja dok
SM: oke kl gt saya bikinin surat pengantar ya. nanti kl bulan depan ibu haid, hr pertama langsung bikin janji ke bagian radiologi untuk test HSG.
NK: okeh dok

dan gue pun akhirnya keluar dari ruangan ibu dokter yg baik itu.. jalan ke kasir utk bayar en nebus obat2 (yg dari THT) plus antibiotik yg dr obgyn. sambil nunggu panggilan dari bagian farmasi, gue iseng baca2 kuitansi pembayaran. en rada kaget pas liat kuitansi dr obgyn ada tulisan "usg trans vaginal"
heeeeeeeeehhhhhhhhh????????!!! jadi td gue UTV yaaaahhh????!!!!!! sejenak kaget, tp tiba2 lenyap cukup dengan pikiran "ah uda lewat kok, lagian td jg biasa aja" hehehehe

selesai ambil obat, gue jalan ke bagian radiologi buat bikin janji test HSG, nemuin suster2 di bagian pendaftarannya.

gue: sus,,saya mo bikin janji
suster: oh iya masuk ke dalem aja bu
masuk lah gue kedalem bagian radiologi. udah gak asing, soalnya dulu pernah kesini pas mo rontgen gigi. di dalem, ada 2 org yg nyamperin gue.
gue: mau bikin janji utk test HSG
suster dan (atau) dokter :oohh cek saluran ya bu
gue: iya
sus/dok: emang uda brp lama nikah?
gue: mau setaun (kembali pake kata2 ini, xixixi)
sus & dok: haahh??? *shock*
gue: kenapa? *polos*
sus/dok: hmmm,,,kan masih baru bu,,,kok uda mau test HSG aja? test ini biasanya utk yg uda lama kosong,,misalnya 2 taunan
gue: kenapa hrs 2 taun? *datar*
sus/dok *terlihat mukanya dari yg tdnya shock campur geli nahan ketawa, dipaksa utk serius ngeliat muka gue yg datar* : hmm iyaa biasanya gt bu...
gue: ya kl bisa sekarang knp hrs tunggu 2 taun?
sus/dok: hmm.. iya kami ngerti kl ibu emang uda pengen hamil..
gue: iya uda pengen. lagian kl cek dr skrg, klo misal *amit2* ada apa2, kan bisa di tindaklanjuti dr skrg *mulai gemes, mikir2 knp si org2 itu? kan gue yg mau cek,,knp mrka nahan2??*
sus/dok: yauda gini aja, ini kan ibu blm haid, siapa tau bulan ini hamil. jadi, nanti kl bulan depan ibu haid,langsung deh telp kesini utk bikin jadwal
gue *agak lega*: oohh gt.. okeh sambil nginget2 kynya si obgyn pun tadi sebut2 soal haid pertama baru bikin janji, xixixixix

besoknya, stlh cuti 2 hari gue abis, lanjut balik kerja en kembali temenan akrab bgt sm mbah google, cari info sol test HSG. wiiiiiiihh,,ternyata itu test gak se simple yg gue pikir yeh.. bnyk yg gak berani juga. wah waaahh.. pantes aja tu org2 di bagian radiologi rada shock ngadepin gue, xixixixixi....

bbrp hari stlh itu, paaaaass bgt mba anie posting soal test hsg inih... jadi kita ngobrol2 deh.. gak jauh beda sm suster/dokter di bagian radiologi, mba anie pun kaget gue blg mo test hsg pdhl blm juga setaun nikah, hahahaha.. ya maklum yeee,,,eike kan ga tau apa2, mikirnya cetek bin santai,,jd disuruh test apa ya hayoo aja...
tapi hasil diskusi sm mba anie en bbrp temen lain, gue akhirnya malah gak jadi test hsg nih, hehehe... gue mikir, kynya nanti dulu kali yaaa,,, yg sabar2 aja dulu, berdoa n usaha sih teteeep, cm kl utk test2 model ky hsg gt kynya blm saatnya deh... lagian sebenernya juga karena surat pengantar dari obgyn ILANG!!!! hikss

fiuuhh...panjang yah ocehan saya kali ini tanpa foto pula gpp deh. maklum,,ini postingan pertama saya yg berhubungan sm baby program. wahai pembaca smg bnyk yg baca yah doaian yaaaaaa,,, smg semua baik2 en sehat2 semua, dan saya bisa cepet punya baby, amiiiiiiinnnnnnn

5 komentar:

Simply Nella

Booowwkk...gw bru tau lho HSG itu apa...
Wiww..Agak agak ngeri jg yah...
Semoga tnpa cek2 HSG, bln dpn udh hamil yahh... Amiinnn...Amiinnn...Yaa Rabbal Alamiinn...;D

ndhachiyo

smuga dirimu bulan depan dah hamil yah.. amin amin ya Allah :)

ulan

asli tetep ngakak deh baca cerita lo :D
santai say, insya Alloh gak ada apa2 kok, ntar kalo udah saatnya pasti kita diberi hadiah itu :)
nikmatin jadi pengantin baru lagi aja, enak juga kok :D *yang lagi menikmati kepasrahan*

Koesoemo Widodo Family

@ nella: gue jg baru2 ini taunya say.. mendingan ga tau lho sbnrnya jd ga takut, stlh ngerti malah jiper ciuutt nyali nya, haha amin amiiiiiinn ya rabb

@ ndha: makasih ya bunda wanda, amiiin amiiinn
@ ulan: yoi say, setujuuu... ini aja lg arrange mo hanimun lg, xixixixi

InkAmanda

Semoga diberi kesabaran en disegerakan rejeki momongannya yaa Ny. Koes, amiiiinnnn.. :D

Poskan Komentar